Back to Kompasiana
Artikel

Umum

Ayahnya Asti

Saya seorang praktisi dibidang pelayanan kesehatan (medis) yang saat ini tengah membina sarana pelayanan Independen selengkapnya

Kekuatan Sugesti

OPINI | 14 April 2009 | 13:55 Dibaca: 4536   Komentar: 14   0

Pada artikel terdahulu dengan judul Kekuatan Imajinasi, saya sudah membahasnya dengan cukup ringkas namun padat, dan kali ini akan saya lanjutkan dengan pembahasan Kekuatan Sugesti, dan saya berharap artikel lanjutan ini dapat sedikit menjawab dari sebuah tanggapan yg masuk dari seorang pembaca yg sangat tajam dalam menyimak makna dari tulisan saya itu, pembaca ini bernama adik Uttie, dia menanyakan apa bedanya kekuatan imajinasi ini dengan sugesti, disini akan saya bahas, sekaligus menjawab pertanyaan tersebut.

Pada artikel sebelumnya yang berjudul kekuatan imajinasi kita sudah mendapat sebuah pemahaman tentang kekuatan yg dahsyat itu, melalui uraian singkat dan beberapa contoh gambaran hidup yg sering kita jumpai, lantas apa yg dimaksud dg kekuatan sugesti ini, apa bedanya dan adakah hubungan dari keduanya ?.

Sugesti atau dikenal dalam bahasa Inggrisnya suggestion/suggestive dapat kita artikan secara sederhana sebagai power to direct another’s actions, kekuatan/sesuatu yang dapat mempengaruhi.
Jadi jelas sesuatu/kekuatan ini datangnya dari luar tubuh, berbeda dengan imajinasi, ini sebuah gambaran yang berupa hayalan/membayangkan sesuatu, hasil dari kerja pikiran kita sendiri, jelas ini datangnya dari dalam tubuh.

Sugesti = outer power dan Imajinasi = inner power.

Sugesti ini bisa masuk kedalam tubuh melalui panca indra kita terutama pendengaran dan sebagian dibantu dg indra penglihatan.

Sugesti mungkin dikenal banyak di masyarakat kita dalam pertunjukan pertunjukan hipnotis seperti yg sering dibawakan oleh Rommy Raffael, ini salah satu contoh saja, si Rommy ini dg kemampuan hipnotisnya bisa mensugesti orang sehingga orang itu menuruti semua sugesti yg dia berikan, apakah ini magic ?, ilmu hitam ? dan lain lain. Jawabannya bukan !!!.

Dalam dunia kedokteran kekuatan sugesti ini sudah lama dikenal dan dilakukan oleh seorang dokter pada pasien pasiennya, baik secara khusus atau sekilas, kita kenal dengan hypnotherapy, dokter ahlinya disebut hypnotherapiest, nanti akan saya berikan contoh kejadiannya.
Saya akan menjelaskan dulu bagaimana kekuatan sugesti ini bekerja sehingga seorang hipnoter bisa menghipnotis orang dg kekuatan sugesti ini.
Pada otak kita dalam bekerjanya mempunyai energi gelombang, yg disebut dg gelombang otak/brain wave, dibagi atas 4 macam gelombang yaitu beta, alpha, theta dan delta, masing masing gelombang ini bekerja pada frekuensi yg berbeda, beta 14-100hz=saat kita sadar/terjaga, alpha 8-13,9hz=saat kita rileks, melamun, berhayal, theta 4-7,9hz=kita dalam kondisi mimpi, disinilah kekuatan sugesti bisa masuk dan bekerja dan delta 0,1-3,9hz=kita tertidur pulas tanpa mimpi/tak sadar/tak berpikir.
Inilah sedikit penjelasan ilmiahnya secara fisika akan pembagian 4 macam gelombang tersebut.
Nah sugesti yang diberikan ini kekuatannya bekerja pada gelombang theta, ini merupakan gerbang pintu masuk alam bawah sadar (ABS), pd gelombang ini tubuh membentuk hormon melatonin dan catecholamine shg orang merasa tenang, nyaman, bahagia dan bila kekuatan sugesti ini dimasukkan, maka orang tersebut terhipnotis.
Jadi sudah jelas ya mengapa orang yg di hipnotis dg diberi kekuatan sugesti jadi penurut dg semua yg diperintahkan dalam sugesti yg dimasukkan, karena orang tsb berada di alam bawah sadarnya, jadi ini bukan magic dan bukan ilmu hitam.
Dalam dunia kedokteran hypnotherapy dg kekuatan sugesti dipakai untuk membantu penyembuhan penderita stress, depresi, ketergantungan obat/narkoba/rokok, dan pemusnahan rasa sakit pada sebagian pasien seperti sakit kepala, nyeri kanker dll.
Lalu apa hubungannya sugesti dengan imajinasi ?, jelas kekuatan ini bisa dimanfaatkan bagi yg tahu caranya, paduan dua kekuatan yg berasal dari dalam tubuh dan luar tubuh, dan inilah yg membuat tokoh tokoh terkenal seperti Einstein dapat menemukan teori yg spektakuler karena dia bisa memanfaatkan kedua energi positif ini, untuk mudahnya ini ada contoh kekuatan sugesti yg sering dijumpai di kehidupan kita.
Seorang dokter yg memberi obat pd pasiennya dan berkata, kalau ibu minum obat ini sakit ibu akan sembuh, karena pasien ini percaya/yakin secara psikologis dg dokternya maka ia sembuh, tahu tidak kekuatan obat dalam penyembuhan hanya 20%, sementara kekuatan sugesti 80%, dahsyat bukan ?

contoh lain, seorang pelajar saat ujian dia sudah belajar, lalu ibunya bilang kamu berjuang ya nak, doa ibu menyertaimu, karena anak ini yakin dengan doa ibunya maka ia lulus dg gemilang, atau contoh lain saat kampanye kemarin SBY bisa mengajak konstituennya memilih partainya, ini karena kata kata SBY dan bahasa tubuhnya mengandung kekuatan sugesti bagi yg mendengar kampanyenya, konstituennya yakin dg SBY, maka partainya menanglah, seorang perjaka bisa membuat seorang gadis mabuk kepayang dg rayuan manisnya yg mengandung kekuatan sugesti cinta, maka mereka masuk dlm ikatan cinta, seorang atlit yg mendapat sugesti dari pelatihnya, kau bisa menang mudah dari lawanmu, maka menanglah dia.
Karena kekuatan sugesti dan kekuatan imajinasi bila digabungkan maka kekuatannya menjadi sangat dahsyat, inilah yg dilakukan seorang yg bekerja sebagai motivator terhadap kliennya, anda sering ikut kegiatan motivasi ?, saya sering mengadakan kegiatan motivasi ini dan saya memadukan kedua kekuatan dahsyat dari Imajinasi dan sugesti dlm setiap seminar saya, hasilnya sangat luar biasa, contoh seorang peserta merasa sering gagal tapi sekarang sukses luar biasa.

Inilah gambaran singkat yg saya uraikan semoga bermanfaat buat semua pembac.

Salam Sehat dari saya, Anugra Martyanto.

Tags: sugesti

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Agnezmo Masuk Final Nominasi MTV EMA 2014, …

Sahroha Lumbanraja | | 16 September 2014 | 19:37

60 Penyelam Ikut Menanam Terumbu Karang di …

Kompas Video | | 16 September 2014 | 19:56

“Penjual” Perdamaian Aceh …

Ruslan Jusuf | | 16 September 2014 | 17:33

Musim Semi di Australia Ular Berkeliaran …

Tjiptadinata Effend... | | 16 September 2014 | 15:54

Ibu Rumah Tangga, Profesi atau Bukan? …

Mauliah Mulkin | | 16 September 2014 | 13:13


TRENDING ARTICLES

Ahokrasi, Tepat dan Harus untuk Jakarta …

Felix | 12 jam lalu

Norman K Jualan Bubur, Tampangnya Lebih Hepi …

Ilyani Sudardjat | 12 jam lalu

Suparto, Penjahit Langganan Jokowi …

Niken Satyawati | 15 jam lalu

Ganggu Ahok = Ganggu Nachrowi …

Pakfigo Saja | 16 jam lalu

Kabinet Jokowi-JK Terdiri 34 Kementerian dan …

Edi Abdullah | 18 jam lalu


HIGHLIGHT

Kalah 4-2, Persipura Masih Bisa Balas di …

Djarwopapua | 8 jam lalu

Bahasa Menunjukkan Bangsa …

Alfarizi | 8 jam lalu

Hysteria …

Moch. Mishbachuddin | 8 jam lalu

Harga LPG 12Kg (NonSubsidi) Mencapai Harga …

Yulian Amalia | 8 jam lalu

Cesky Krumlov, Kota Cantik di Republik Ceko …

Mentari_elart | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: